Trik Agar Motor Tetap Irit
+13
aloy_andra
noer_risza
hari
indracss
odjhie_dc
vassili zaitsev
haryono_g7
steven bkrc 026 jkt
zocalo
Lost Fon Drive
buddycs
manung36
Ian
17 posters
Halaman 2 dari 2
Halaman 2 dari 2 • 1, 2
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
noer_risza wrote:Pake sepeda lebih irit dan ga perlu mikirin bensin..
Gimana Sob?
kalo gak salah ada motor listrik trail buatan amerika mau dateng ke Indonesia, top speed si 96km/jam, udah dijajal balap lawan 250 sama 450 cc n menang pas race ke dua..
ada yg tau info selanjutnya?
MT- Velg jari-jari
- Jumlah posting : 41
Join date : 27.01.10
Lokasi : Jakarta
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Gelap bro...
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Ian wrote:Ya banyak cara modif yg bikin ngibrit dan irit...kayak mesin Blitz Joy gw ga ekstrem modifnya tp hasilnya...enak bgt...modal jg dikit kok.
Masih mo di sentuh sedikit lagi. Modif mesin gw nih...
1. Lepas choke
2. Naik kompresi dikit, paking bawah diganti ama kertas HVS 70gr
3. Klep in ditambah ring 1mm (perkiraan)
4.Kopling di stel ulang lbih responsif (ama mekanik resmi)
5. Vakum untuk bensin di matiin (di intake manifold)
Lain itu standar aja...
selama gw bandingin ama standar nya ato baru nya dulu...jauh...lebih enak. Irit pula!
Utk performa cukup lumayan naiknya...dg final gear standar aja (15/36) pernah lari 125km/j dan masih ada sisa putaran grip gas. Perkiraan seh nyampe lah kalo 130 km/j
Untuk irit pas turing Malang-cilacap PP habis 105rb plus muter muter.
Untuk harian...1 : 55 bisa.
Diliat dari kepala busi warnanya coklat kering...pembakaran sempurna. Cuman skarang aja yg agak lelet..karena motor gw terakhir di stel ya pas di Cilacap itu ama mekanik diler sono yg prosedur servisnya asik punya (thanks bos utk mekanik cilacap) dan itu terakhir di servis ringan bulan Juni 2008 alias lebih 6 bulan lalu. Tp utk harian masih enak lho performanya. Cuman ganti oli rutin (pake oli Kawasaki) dan bebersih Karbu doang....puas bgt saya..hehehe...
ini gimana cara matiin vacum intake manifold?
cloud9- Velg jari-jari
- Jumlah posting : 32
Join date : 06.05.10
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
cloud9 wrote:Ian wrote:Ya banyak cara modif yg bikin ngibrit dan irit...kayak mesin Blitz Joy gw ga ekstrem modifnya tp hasilnya...enak bgt...modal jg dikit kok.
Masih mo di sentuh sedikit lagi. Modif mesin gw nih...
1. Lepas choke
2. Naik kompresi dikit, paking bawah diganti ama kertas HVS 70gr
3. Klep in ditambah ring 1mm (perkiraan)
4.Kopling di stel ulang lbih responsif (ama mekanik resmi)
5. Vakum untuk bensin di matiin (di intake manifold)
Lain itu standar aja...
selama gw bandingin ama standar nya ato baru nya dulu...jauh...lebih enak. Irit pula!
Utk performa cukup lumayan naiknya...dg final gear standar aja (15/36) pernah lari 125km/j dan masih ada sisa putaran grip gas. Perkiraan seh nyampe lah kalo 130 km/j
Untuk irit pas turing Malang-cilacap PP habis 105rb plus muter muter.
Untuk harian...1 : 55 bisa.
Diliat dari kepala busi warnanya coklat kering...pembakaran sempurna. Cuman skarang aja yg agak lelet..karena motor gw terakhir di stel ya pas di Cilacap itu ama mekanik diler sono yg prosedur servisnya asik punya (thanks bos utk mekanik cilacap) dan itu terakhir di servis ringan bulan Juni 2008 alias lebih 6 bulan lalu. Tp utk harian masih enak lho performanya. Cuman ganti oli rutin (pake oli Kawasaki) dan bebersih Karbu doang....puas bgt saya..hehehe...
ini gimana cara matiin vacum intake manifold?
Tinggal cabut slang yang ke kran vacum tangki bensin, trs lobang nya ditutupmake selang pendek yang ujungnya di sumbat baut.. <tambah bingung yeh.. hehhee>
masalah muncul kalo vacum kran bensin masih berfungsi, bensin ditangki tidak mendapat tekanan jadi ga turun tuh bensin <hayoo> , kecuali kran vaumnya uda diganti model manual <gitu kali yah??>
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
owh.. jadi intinya itu selang dibikin buntu yah.
tapi apakah bembakaran akan lebih sempurna?
klo begitu, systemnya d kembalikan lagi donk kayak jenis kaze yg gak vacum
tapi apakah bembakaran akan lebih sempurna?
klo begitu, systemnya d kembalikan lagi donk kayak jenis kaze yg gak vacum
cloud9- Velg jari-jari
- Jumlah posting : 32
Join date : 06.05.10
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Yoi, vacum nya kan cuma bwat 'nyedot' bensin supaya turun aja hee.., jadi <teorinya> ada 'sepersekian' tenaga kompresi yang kepake bwat nyedot bensin..., gitu
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
owh... gitu yah. tek coba deh kapan2. sekarang dah agak males oprek2 sndiri. trus klo lobang manifold di las aja gimana? pake las almunium
cloud9- Velg jari-jari
- Jumlah posting : 32
Join date : 06.05.10
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
kalo dilas gpp jg, cm kan sayang aja kalo mau di pake lagi sistem vakum nya, mengingat harga pipe intake blitz/ joy lumayan heee <kl ga salah 65.000>
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
klo dipikir itu berartii di ubah ke konvensional lagi yah? bukannya itu dibuat udah berdasarkan riset dari jepangnya sono? hehe berarti klo d oprek gitu aliasnya gak lolos euro2 emisi nya yah?
cloud9- Velg jari-jari
- Jumlah posting : 32
Join date : 06.05.10
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
He he.., masalahnya blitz/Joykan buatan thailand ..heee
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
boss bisa kasih step stepnya tuk ilanging vacumnya gak?
kemaren dah nyobain tuk sumbat itu selang vacum kog malah gak jalan ya?
kemaren dah nyobain tuk sumbat itu selang vacum kog malah gak jalan ya?
cloud9- Velg jari-jari
- Jumlah posting : 32
Join date : 06.05.10
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Kalo selang vacumnya sekedar disumbat aja mah bensin pasti ga turun <dg catatan vacum yang nempel ditangki masih oke - part no. 51023-TAP ASSY FUEL> karena emang dirancang untuk efisiensi alur bensin, begitu mesin hidup atau ada sedotan kompresi maka dia baru berfungsi mengucurkan bensin, jika tidak ada kompresi maka bensin tidak akan mengucur, jadi kalo bongkar/copot selang waktu mesin mati bensin tidak keluar alias tidak perlu disumbat gitu Bos, kalo tetep mau ngilangin vacum berarti harus dijadikan manual atau copot vacum ganti dengan kran bensin biasa <mungkin dgn kaze sama dudukannya>cloud9 wrote:boss bisa kasih step stepnya tuk ilanging vacumnya gak?
kemaren dah nyobain tuk sumbat itu selang vacum kog malah gak jalan ya?
Yupz selamat mencoba
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
hari wrote:Kalo selang vacumnya sekedar disumbat aja mah bensin pasti ga turun <dg catatan vacum yang nempel ditangki masih oke - part no. 51023-TAP ASSY FUEL> karena emang dirancang untuk efisiensi alur bensin, begitu mesin hidup atau ada sedotan kompresi maka dia baru berfungsi mengucurkan bensin, jika tidak ada kompresi maka bensin tidak akan mengucur, jadi kalo bongkar/copot selang waktu mesin mati bensin tidak keluar alias tidak perlu disumbat gitu Bos, kalo tetep mau ngilangin vacum berarti harus dijadikan manual atau copot vacum ganti dengan kran bensin biasa <mungkin dgn kaze sama dudukannya>cloud9 wrote:boss bisa kasih step stepnya tuk ilanging vacumnya gak?
kemaren dah nyobain tuk sumbat itu selang vacum kog malah gak jalan ya?
Yupz selamat mencoba
owalah,,
kirain cm sumbat doank.
lha trus berap tuh harga kran bensin biasa?
cloud9- Velg jari-jari
- Jumlah posting : 32
Join date : 06.05.10
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
kalo ga salah 70 rebu <kaze>cloud9 wrote:hari wrote:Kalo selang vacumnya sekedar disumbat aja mah bensin pasti ga turun <dg catatan vacum yang nempel ditangki masih oke - part no. 51023-TAP ASSY FUEL> karena emang dirancang untuk efisiensi alur bensin, begitu mesin hidup atau ada sedotan kompresi maka dia baru berfungsi mengucurkan bensin, jika tidak ada kompresi maka bensin tidak akan mengucur, jadi kalo bongkar/copot selang waktu mesin mati bensin tidak keluar alias tidak perlu disumbat gitu Bos, kalo tetep mau ngilangin vacum berarti harus dijadikan manual atau copot vacum ganti dengan kran bensin biasa <mungkin dgn kaze sama dudukannya>cloud9 wrote:boss bisa kasih step stepnya tuk ilanging vacumnya gak?
kemaren dah nyobain tuk sumbat itu selang vacum kog malah gak jalan ya?
Yupz selamat mencoba
owalah,,
kirain cm sumbat doank.
lha trus berap tuh harga kran bensin biasa?
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
baca baca d forum tetangga trik ginian bikin boros tp kog dsini bikin irit yg bnr yg mana?
cloud9- Velg jari-jari
- Jumlah posting : 32
Join date : 06.05.10
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
kalo menurut ogut sih teorinya kalo sistem ini dipake ya lebih irit sepersekian persen, emang ga terlalu berpengaruh, toh sudah dirancang sama para insinyurnya 'disono' , cuma 'insinyur' lokal kita aja yang emang 'kreatif' hehehhehe
untuk pasti dan penerapanya ya walahualam deh, soale karakter tiap motor kan beda2, gitu aja bos
untuk pasti dan penerapanya ya walahualam deh, soale karakter tiap motor kan beda2, gitu aja bos
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
wekekeke owh begonohhh
cloud9- Velg jari-jari
- Jumlah posting : 32
Join date : 06.05.10
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Setiap motor dengan kondisi standard pabrik mempunyai batas pemakaian bahan bakar misal 1 liter bbm menempuh jarak sekian km. dan tergantung dari beberapa faktor
# Kondisi Jalan Tanjakan/rata
# Bobot Pengendara / muatan
# Cara Pengoprasian Motor
# Suhu Sekitar dll
Cari tahu dulu batas pemakaian standar-nya jika masih dalam batas standar ngapain di iritin. Mungkin Bbm bisa irit tapi ngapain juga jika efek dari di iritin bbm tadi mesin motor jadi cepat rusak.
# Kondisi Jalan Tanjakan/rata
# Bobot Pengendara / muatan
# Cara Pengoprasian Motor
# Suhu Sekitar dll
Cari tahu dulu batas pemakaian standar-nya jika masih dalam batas standar ngapain di iritin. Mungkin Bbm bisa irit tapi ngapain juga jika efek dari di iritin bbm tadi mesin motor jadi cepat rusak.
Iway- Jumlah posting : 1
Join date : 23.03.13
Halaman 2 dari 2 • 1, 2
Similar topics
» Cash and Kredit Motor Baru atau Tuker Tambah Motor Bekas dengan Motor Baru
» Motor-motor baru Kawasaki!
» Waspada Jok Motor di Musim Hujan
» Selamat datang di komunitas Kawasaki
» Testing Motor Baru
» Motor-motor baru Kawasaki!
» Waspada Jok Motor di Musim Hujan
» Selamat datang di komunitas Kawasaki
» Testing Motor Baru
Halaman 2 dari 2
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik