Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
+6
areew23
luhur
haryono_g7
toing
Ian
danang
10 posters
Halaman 1 dari 1
Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
Kawasaki Police sebelumnya telah diproduksi dalam 4 Seri :
- Z1-P (1975-1976)
Kawasaki Z1 900cc merupakan motor sipil (Civilians Bike) yang dimodifikasi menjadi Police Series untuk kebutuhan US Police Department. Motor ini merupakan desain awal Kawasaki untuk dibuatnya motor khusus polisi.
- KZ900 Police Special (1977-1978)
Merupakan Kawasaki Z1 900cc yang sudah di upgrade sebagai motor khusus polisi (Police kit built in)
- KZ1000 C Series Police (1978-1981)
Merupakan produk pertama oleh Pabrik Kawasaki Corp. USA di Lincoln, Nebraska yang "Built for Law Enforcement Model" atau dibuat untuk penegakan hukum (Polisi/Military) untuk berkompetisi dengan Harley Davidson saat itu.
KZ1000 C Series ini adalah yang digunakan oleh Eric Estrada pada film terkenal yaitu "CHiP's" di era 1979-1980-an.
Realnya, saat itu Kawasaki KZ1000 C Series ini adalah memang motor standar California Highway Patrol dan juga merupakan motor standar di beberapa US Police Department.
- KZ1000 P Series (1982-2005)
Merupakan produk sukses Pabrik Kawasaki Corp. USA, yang dikenal dengan nama KZP (KZ Police), dengan basis KZ1000 C Series yang dilengkapi dengan Fiberglass Fairing (include Pursuit Lamp)
Saat ini kita akan membicarakan tentang KZ1000 P Series ini atau KZP.
===============================================================
KZ1000 P Series / KZP (1982-2005)
Pengembangan KZP dimulai tahun 1982 oleh KAWASAKI USA. Perbedaan yang menonjol dari seri sebelumnya (C-Series) adalah penambahan Fairing yang mana lekukan pada fairing ini di klaim oleh KAWASAKI USA adalah bentuk yang paling aerodinamis.
Perlengkapan Police Standart telah terpasang (built-in) seperti sadleboxes, serta GE Pursuit halogen lamp dan Federal Sign Siren 150w Modul & Speaker.
Jenis ban yang digunakan pun juga sudah standar polisi yaitu ban runflat (anti-deflation / bead retention) atau ban anti kempes. Windshield menggunakan produk GE-Lexan berbahan Polycarbonate (anti peluru / anti pecah) yang merupakan standar US Military spec.
Motor ini juga dilengkapi dengan "Crash Protection Bar" pada mesin (kiri / kanan) serta sadlebox (kir / kanan)
Dapur pacu / Mesin menggunakan jenis KZ1000J yang merupakan mesin "Drag Race" Kawasaki yang terkenal di USA.
Spesifikasi Teknis & Mesin KZP :
[*]Engine type 4-stroke, DOHC in-line four, 2 valves per cylinder
[*]Displacement 998 cc
[*]Starting Electric
[*]Bore x Stroke 69.4 x 66.0 mm
[*]Cooling Air/Oil
[*]Power 88HP@9000rpm 112Ft-lbs@8000rpm
[*]Carburetion Mikuni Bs34 x 4
[*]Ignition Transistor Controlled Breaker less Ignition ( TCBI )
[*]Transmission 5- speed
[*]Frame Double cradle, heavy-duty steel
[*]Rake / trail 27.0 degrees / 4.5 in.
[*]Suspension, front 38 mm telescopic hydraulic fork
[*]Suspension, rear Swing arm with twin adjustable shocks
[*]Tire, front bead retention type MN 90-18 4PR
[*]Tire, rear bead retention type MR 90-18 4PR
[*]Brakes front, rear Dual hydraulic discs / Single disc
[*]Overall length 90.2 in.
[*]Overall width 35.2 in.
[*]Overall height 61.4 in.
[*]Ground clearance 6.3 in.
[*]Seat height 30.7 in.
[*]Curb weight, as from factory w/fuel 596 lb.
Seperti motor polisi pada umumnya di Amerika, motor ini tidak menggunakan Radiator / Air Cooling maupun Oil Cooler. Mereka (para motorcops) tidak mau diributkan oleh pemeliharaan yang rumit.
Riding the KZP's
Motor yang cukup berat (600 lbs atau ±350 kg) namun sangat stabil dikendarai, mampu bermanuver tajam (radius putar = ± 3 meter) dan tarikan yang responsif. Posisi riding yang pas, membuat motor ini juga sangat nyaman dikendarai.
Sebenarnya KZP bukan untuk rider pemula, mengingat power motor ini cukup besar sehingga membutuhkan pengendalian yang ekstra. Bahkan di negara asalnya (US), rider motor ini harus menjalani ekstra advance riding course yang diawasi oleh instruktur-instruktur riding yang sudah berpengalaman mengendarai motor ini.
"This is one truck of a motorcycle. This model was designed to be safe, very heavy duty, and comfortable. It was, in fact, designed specifically for fleet sales to police....... It's fun to ride, because it has a badass KZ 1000 J engine, one of the most drag-raceable motors around. This one is designed for lots of torque and durability. Sure, it only has eight valves and doesn't know how to wind up like a modern bulletbike, but it has a lot of grunt. The engine has loads of torque up to four grand, and after a flat spot that ends around 5500 rpm, it cuts loose and makes a fine, howling rush to 8500rpm. Then, like I said, it doesn't know what to do, so you shift it, and before you know it, you're doing a fine clip that is illegal unless you really are a policeman."
(Paul Peczon Resume)
Production Line-up
KZP diproduksi sejak 1982 oleh Kawasaki Motor Corps. USA. Motor ini tidak diproduksi massal layaknya motor lain, melainkan sesuai dengan pesanan/tender kebutuhan dari US Government melalui US Police Departement.
Setiap tahun produksi ditandai dengan perubahan nomor seri, misalnya KZP tahun 1982 merupakan seri P-1, sesuai urutan tahun maka tahun berikutnya ditandai dengan seri P-2 dan sampai dengan produksi terakhir KZP yaitu tahun 2005 merupakan KZP seri P-24.
Sejak awal produksinya (1982) sampai dengan akhir (2005), tidak banyak perubahan yang signifikan antar seri produk. Mesin & Bentuk bodi tetap sama, hanya pada tahun 2002 (KZP P-21) menggunakan rem dobel piston untuk frontbrake serta penggunaan LED untuk standar Pursuit Lamp.
KZP di Indonesia
Kawasaki KZ1000 Police / KZP masuk resmi di Indonesia pada tahun 1994 merupakan KZP P-13 series, di impor secara khusus oleh Pemerintah RI sebanyak ± 100 unit sebagai motor kawal untuk kepentingan KTT APEC 1994. Setelah KTT berakhir, 50% KZP tersebut di operasikan oleh Paspampres (Pasukan Pengawal Presiden), sisanya dioperasikan sebagai motor satuan Kepolisian (Mabes Polri, Polda Metro Jaya & Polda Bali) dan Polisi Militer (Provost Kostrad & beberapa Denpom)
Pada 2004, Paspampres resmi me"pensiun"kan KZP dan menggantinya dengan Honda Goldwing GL1800. Beberapa KZP eks-Paspampres tersebut dijual/lelang/deum kepada sipil, dan sebagian masih digunakan untuk latihan patwal motoris.
Saat ini jumlah KZP yang masih "operate" atau layak jalan di Indonesia ada sekitar ± 30-an unit. 2 unit diantaranya pernah penulis miliki.
Fact KZP in Indonesia :
1. KZP in Indonesia :
2. KZP peserta Jalur Merah Putih 2008 (total 7 unit termasuk penulis)
3. Me & My KZP (1 barusan laku terjual )
Thanks,
Danang B.Pariadji
One of KZP Owner in Indonesia
- Z1-P (1975-1976)
Kawasaki Z1 900cc merupakan motor sipil (Civilians Bike) yang dimodifikasi menjadi Police Series untuk kebutuhan US Police Department. Motor ini merupakan desain awal Kawasaki untuk dibuatnya motor khusus polisi.
- KZ900 Police Special (1977-1978)
Merupakan Kawasaki Z1 900cc yang sudah di upgrade sebagai motor khusus polisi (Police kit built in)
- KZ1000 C Series Police (1978-1981)
Merupakan produk pertama oleh Pabrik Kawasaki Corp. USA di Lincoln, Nebraska yang "Built for Law Enforcement Model" atau dibuat untuk penegakan hukum (Polisi/Military) untuk berkompetisi dengan Harley Davidson saat itu.
KZ1000 C Series ini adalah yang digunakan oleh Eric Estrada pada film terkenal yaitu "CHiP's" di era 1979-1980-an.
Realnya, saat itu Kawasaki KZ1000 C Series ini adalah memang motor standar California Highway Patrol dan juga merupakan motor standar di beberapa US Police Department.
- KZ1000 P Series (1982-2005)
Merupakan produk sukses Pabrik Kawasaki Corp. USA, yang dikenal dengan nama KZP (KZ Police), dengan basis KZ1000 C Series yang dilengkapi dengan Fiberglass Fairing (include Pursuit Lamp)
Saat ini kita akan membicarakan tentang KZ1000 P Series ini atau KZP.
===============================================================
KZ1000 P Series / KZP (1982-2005)
Pengembangan KZP dimulai tahun 1982 oleh KAWASAKI USA. Perbedaan yang menonjol dari seri sebelumnya (C-Series) adalah penambahan Fairing yang mana lekukan pada fairing ini di klaim oleh KAWASAKI USA adalah bentuk yang paling aerodinamis.
Perlengkapan Police Standart telah terpasang (built-in) seperti sadleboxes, serta GE Pursuit halogen lamp dan Federal Sign Siren 150w Modul & Speaker.
Jenis ban yang digunakan pun juga sudah standar polisi yaitu ban runflat (anti-deflation / bead retention) atau ban anti kempes. Windshield menggunakan produk GE-Lexan berbahan Polycarbonate (anti peluru / anti pecah) yang merupakan standar US Military spec.
Motor ini juga dilengkapi dengan "Crash Protection Bar" pada mesin (kiri / kanan) serta sadlebox (kir / kanan)
Dapur pacu / Mesin menggunakan jenis KZ1000J yang merupakan mesin "Drag Race" Kawasaki yang terkenal di USA.
Spesifikasi Teknis & Mesin KZP :
[*]Engine type 4-stroke, DOHC in-line four, 2 valves per cylinder
[*]Displacement 998 cc
[*]Starting Electric
[*]Bore x Stroke 69.4 x 66.0 mm
[*]Cooling Air/Oil
[*]Power 88HP@9000rpm 112Ft-lbs@8000rpm
[*]Carburetion Mikuni Bs34 x 4
[*]Ignition Transistor Controlled Breaker less Ignition ( TCBI )
[*]Transmission 5- speed
[*]Frame Double cradle, heavy-duty steel
[*]Rake / trail 27.0 degrees / 4.5 in.
[*]Suspension, front 38 mm telescopic hydraulic fork
[*]Suspension, rear Swing arm with twin adjustable shocks
[*]Tire, front bead retention type MN 90-18 4PR
[*]Tire, rear bead retention type MR 90-18 4PR
[*]Brakes front, rear Dual hydraulic discs / Single disc
[*]Overall length 90.2 in.
[*]Overall width 35.2 in.
[*]Overall height 61.4 in.
[*]Ground clearance 6.3 in.
[*]Seat height 30.7 in.
[*]Curb weight, as from factory w/fuel 596 lb.
Seperti motor polisi pada umumnya di Amerika, motor ini tidak menggunakan Radiator / Air Cooling maupun Oil Cooler. Mereka (para motorcops) tidak mau diributkan oleh pemeliharaan yang rumit.
Riding the KZP's
Motor yang cukup berat (600 lbs atau ±350 kg) namun sangat stabil dikendarai, mampu bermanuver tajam (radius putar = ± 3 meter) dan tarikan yang responsif. Posisi riding yang pas, membuat motor ini juga sangat nyaman dikendarai.
Sebenarnya KZP bukan untuk rider pemula, mengingat power motor ini cukup besar sehingga membutuhkan pengendalian yang ekstra. Bahkan di negara asalnya (US), rider motor ini harus menjalani ekstra advance riding course yang diawasi oleh instruktur-instruktur riding yang sudah berpengalaman mengendarai motor ini.
"This is one truck of a motorcycle. This model was designed to be safe, very heavy duty, and comfortable. It was, in fact, designed specifically for fleet sales to police....... It's fun to ride, because it has a badass KZ 1000 J engine, one of the most drag-raceable motors around. This one is designed for lots of torque and durability. Sure, it only has eight valves and doesn't know how to wind up like a modern bulletbike, but it has a lot of grunt. The engine has loads of torque up to four grand, and after a flat spot that ends around 5500 rpm, it cuts loose and makes a fine, howling rush to 8500rpm. Then, like I said, it doesn't know what to do, so you shift it, and before you know it, you're doing a fine clip that is illegal unless you really are a policeman."
(Paul Peczon Resume)
Production Line-up
KZP diproduksi sejak 1982 oleh Kawasaki Motor Corps. USA. Motor ini tidak diproduksi massal layaknya motor lain, melainkan sesuai dengan pesanan/tender kebutuhan dari US Government melalui US Police Departement.
Setiap tahun produksi ditandai dengan perubahan nomor seri, misalnya KZP tahun 1982 merupakan seri P-1, sesuai urutan tahun maka tahun berikutnya ditandai dengan seri P-2 dan sampai dengan produksi terakhir KZP yaitu tahun 2005 merupakan KZP seri P-24.
Sejak awal produksinya (1982) sampai dengan akhir (2005), tidak banyak perubahan yang signifikan antar seri produk. Mesin & Bentuk bodi tetap sama, hanya pada tahun 2002 (KZP P-21) menggunakan rem dobel piston untuk frontbrake serta penggunaan LED untuk standar Pursuit Lamp.
KZP di Indonesia
Kawasaki KZ1000 Police / KZP masuk resmi di Indonesia pada tahun 1994 merupakan KZP P-13 series, di impor secara khusus oleh Pemerintah RI sebanyak ± 100 unit sebagai motor kawal untuk kepentingan KTT APEC 1994. Setelah KTT berakhir, 50% KZP tersebut di operasikan oleh Paspampres (Pasukan Pengawal Presiden), sisanya dioperasikan sebagai motor satuan Kepolisian (Mabes Polri, Polda Metro Jaya & Polda Bali) dan Polisi Militer (Provost Kostrad & beberapa Denpom)
Pada 2004, Paspampres resmi me"pensiun"kan KZP dan menggantinya dengan Honda Goldwing GL1800. Beberapa KZP eks-Paspampres tersebut dijual/lelang/deum kepada sipil, dan sebagian masih digunakan untuk latihan patwal motoris.
Saat ini jumlah KZP yang masih "operate" atau layak jalan di Indonesia ada sekitar ± 30-an unit. 2 unit diantaranya pernah penulis miliki.
Fact KZP in Indonesia :
- Kawasaki Police (KZP P-13 series) masuk di Indonesia hanya ±100 unit hanya tahun 1994 (eks KTT APEC 1994)
- Indonesia merupakan 1 dari 3 negara di Asia (Philipina & Thailand ) setahu penulis, yang pernah mengoperasikan KZP, bahkan KZP di Indonesia tahunnya adalah paling muda (1994) dibandingkan Philipina (1989) dan Thailand (1987).
- Dari 100 unit, pada periode 1994 - 2004, 50 unit digunakan sebagai Patwal Paspampres (sebelum digantikan oleh Honda GL1800 Goldwing), dan setelah 2004, di bebas tugaskan, sebagian dijual ke Masyarakat (termasuk penulis)
50 unit lainnya tersebar di berbagai instansi militer & kepolisian, beberapa masih aktif baik sebagai patwal (Provost Kostrad) maupun training unit (Polda Metro & Mabes Polri) dan sisanya di "kandangkan". - Beberapa jenis parts sampai hari ini masih disupport oleh PT. Kawasaki Motor Indonesia Pulogadung dengan harga yang cukup ekonomis (ie. 1 set Piston (4 unit) os-50 + ringset = Rp. 1.800.000, Oil Filter dibandrol Rp. 60.000 / unit, Laker Komstir 1 set = Rp. 300.000 dll (harga th.2007))
- Harga pasaran saat ini Rp. 65 juta s/d 90 juta (tergantung kondisi) dengan surat lengkap (BPKB/STNK full berkas) dan pajak tahunannya (PKB+SWDKLLJ) = ±Rp.375rb / thn. (bandingkan aja ama pajak tahunan moge lainnya deh....)
1. KZP in Indonesia :
2. KZP peserta Jalur Merah Putih 2008 (total 7 unit termasuk penulis)
3. Me & My KZP (1 barusan laku terjual )
Thanks,
Danang B.Pariadji
One of KZP Owner in Indonesia
Terakhir diubah oleh danang tanggal Thu Oct 02, 2008 6:13 pm, total 4 kali diubah (Reason for editing : add pict)
danang- Jumlah posting : 2
Join date : 02.10.08
Age : 48
Lokasi : Malang
Re: Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
Gile dah, mantabs bro danang..hehehe cukup detail juga nih datanya. Jadi inget masa kecil gw keranjingan banget nonton CHIPs...alamaak..rasanya tu motor paling keren sejagat!! hahahaha
KZ1000 P emang tob...moge yang paling ga nyiksa kantong pemiliknya, pantes jadi buruan dan koleksi!
KZ1000 P emang tob...moge yang paling ga nyiksa kantong pemiliknya, pantes jadi buruan dan koleksi!
Re: Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
Kalo di Polisi ada slogan = "To Protect & To Serve" (untuk Melindungi & untuk Melayani)
Kalo di US, para KZP owner ada slogan = "To Collect & To Swerve (untuk Koleksi & untuk Berbelok/Manuver) , karena memang KZP adalah produk terbatas (bukan produk massal) & sangat nyaman untuk dikendarai & ber-manuver ria....
Kalo di US, para KZP owner ada slogan = "To Collect & To Swerve (untuk Koleksi & untuk Berbelok/Manuver) , karena memang KZP adalah produk terbatas (bukan produk massal) & sangat nyaman untuk dikendarai & ber-manuver ria....
danang- Jumlah posting : 2
Join date : 02.10.08
Age : 48
Lokasi : Malang
Re: Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
muantebbbb buaanggeeet...dah........, jadi nambah pengetahuan ane....kkekekekekekekekek...
toing- Jumlah posting : 1
Join date : 30.11.08
Re: Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
Cool, komplit plit plit... gw demen dah ma nih motor. klasik banget dan CCnya itu loh berrrrrr. bsa kena serangan jantung. klo gk salah ane masih punya tuh mika stop. modelnya agk oval...
haryono_g7- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 170
Join date : 14.11.08
Age : 44
Lokasi : Palmerah
Re: Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
KZP emang mantabs.......
selain spare partsnya masih banyak, dalam wilayah asia tenggara motor ini cuma ada di Indonesia......
motor langka bro......
selain spare partsnya masih banyak, dalam wilayah asia tenggara motor ini cuma ada di Indonesia......
motor langka bro......
luhur- Jumlah posting : 1
Join date : 24.10.08
Re: Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
berapaan yak hargana
areew23- Jumlah posting : 6
Join date : 25.02.09
Age : 39
Lokasi : pondok gede
Re: Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
ada tambahan nie bro.... motor ini pernah di pake di film "terminator" yang pakai ini motor Arnold Schwarzenegger...... ini motor tercantik yang pernah w temuan... mantaps
b1m4s4kt1- Jumlah posting : 2
Join date : 13.12.09
Re: Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
mohon info untuk sparepart KZ1000P' 94 dan pernak perniknya...
oner- Jumlah posting : 2
Join date : 28.08.10
Lokasi : jakarta
Re: Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
saya jg punya Kaw. Merzy 1982..
kpn2 kita upload gambarnya
thank's
kpn2 kita upload gambarnya
thank's
dick- Jumlah posting : 1
Join date : 24.09.10
Re: Kawasaki Police / KZ1000P (1978 to 2005)
salam kenal. info bro, kalau Ada Kawasaki police yang mau di jual.
thanks
thanks
eddywijaya69- Jumlah posting : 1
Join date : 22.06.11
Similar topics
» Kawasaki ZX 130 2005 Modification Jakarta
» New Athlete Rider Come here!!
» Skutik Kawasaki - Kawasaki GPZ 125
» Kawasaki Z1
» Kawasaki 3G
» New Athlete Rider Come here!!
» Skutik Kawasaki - Kawasaki GPZ 125
» Kawasaki Z1
» Kawasaki 3G
Halaman 1 dari 1
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik