Trik Agar Motor Tetap Irit
+13
aloy_andra
noer_risza
hari
indracss
odjhie_dc
vassili zaitsev
haryono_g7
steven bkrc 026 jkt
zocalo
Lost Fon Drive
buddycs
manung36
Ian
17 posters
Halaman 1 dari 2
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
Trik Agar Motor Tetap Irit
Seandainya harga bensin positif naik, enggak cuma pemilik mobil yang teriak-teriak. Pemakai motorpun ikutan dongkol lantaran kantongnya makin terkuras. Apalagi rakyat bikers kebanyakan golongan paling rentan terkena dampak kenaikan BBM. Namun apamaudikata, BBM melambung sudah di depan mata.
“Agar tidak menguras kantong, usahakan agar motor tetap irit. Segala bentuk modifikasi yang justru bikin motor boros dikembalikan ke standar. Kalo perlu pasang perangkat yang sudah terbukti bikin irit,” urai Tommy Bramantya, chief instructor HMTC Jakarta. Berikut ini panduan agar motor tetap irit bensin.
Mesin
Jeroan mesin kembalikan standar
Jeroan mesin yang sudah aus bikin tenaga ngedrop. Udah larinya enggak ada tapi justru minum bensin berlebih. Misal piston baret, ring lemah, klep bocor atau paking head bocor. Jika ini terjadi pada motor Anda segera perbaiki. Pokoknya jeroan mesin harus dikembalikan seperti kondisi standar.
Pengapian
Cukup ganti CDI tipe racing bisa hemat BBM
Lejutan api yang besar serta timing yang tepat sangat dubutuhkan saat proses pembakaran. Makanya cek kondisi busi, koil serta CDI jangan sampai menurun performanya. Jika perlu ganti CDI dengan tipe racing yang memiliki spek kurva sesuai dengan motor standar. Misalnya pakai CDI XP202, BRT atau Rextor. Hasil test OTOMOTIF, aplikasi CDI racing terbukti mampu menghemat bensin.
Karburator
Bersihkan serta kembalikan spuyer ke ukuran standar
Jika spuyer karburator sudah tidak standar lagi atau pernah diganti dengan ukuran lebih besar, sebaiknya dikembalikan ke ukuran standar. Kondisi jarum skep berikut dudukannya (needle jet) yang telah aus sebaiknya diganti baru.
“Ciri-ciri needle jet aus, saat digas mesin brebet. Disertai asap knalpot warna hitam. Kondisi seperti ini pasti bikin motor boros. Jangan lupa filter udara dipasang dan dibersihkan,” tambah Tommy.
Tekanan Ban
Tambahlah angin jika kempis
Mungkin dikira sepele. Tapi kondisi ban yang kempis bikin tarikan motor jadi berat. Ujung-ujungnya dibutuhkan minum bensin lebih banyak. Apa susahnya sih tambah angin. Paling-paling cuma seceng (seribu rupiah).
Penulis : AZ (otomotif-online)
“Agar tidak menguras kantong, usahakan agar motor tetap irit. Segala bentuk modifikasi yang justru bikin motor boros dikembalikan ke standar. Kalo perlu pasang perangkat yang sudah terbukti bikin irit,” urai Tommy Bramantya, chief instructor HMTC Jakarta. Berikut ini panduan agar motor tetap irit bensin.
Mesin
Jeroan mesin kembalikan standar
Jeroan mesin yang sudah aus bikin tenaga ngedrop. Udah larinya enggak ada tapi justru minum bensin berlebih. Misal piston baret, ring lemah, klep bocor atau paking head bocor. Jika ini terjadi pada motor Anda segera perbaiki. Pokoknya jeroan mesin harus dikembalikan seperti kondisi standar.
Pengapian
Cukup ganti CDI tipe racing bisa hemat BBM
Lejutan api yang besar serta timing yang tepat sangat dubutuhkan saat proses pembakaran. Makanya cek kondisi busi, koil serta CDI jangan sampai menurun performanya. Jika perlu ganti CDI dengan tipe racing yang memiliki spek kurva sesuai dengan motor standar. Misalnya pakai CDI XP202, BRT atau Rextor. Hasil test OTOMOTIF, aplikasi CDI racing terbukti mampu menghemat bensin.
Karburator
Bersihkan serta kembalikan spuyer ke ukuran standar
Jika spuyer karburator sudah tidak standar lagi atau pernah diganti dengan ukuran lebih besar, sebaiknya dikembalikan ke ukuran standar. Kondisi jarum skep berikut dudukannya (needle jet) yang telah aus sebaiknya diganti baru.
“Ciri-ciri needle jet aus, saat digas mesin brebet. Disertai asap knalpot warna hitam. Kondisi seperti ini pasti bikin motor boros. Jangan lupa filter udara dipasang dan dibersihkan,” tambah Tommy.
Tekanan Ban
Tambahlah angin jika kempis
Mungkin dikira sepele. Tapi kondisi ban yang kempis bikin tarikan motor jadi berat. Ujung-ujungnya dibutuhkan minum bensin lebih banyak. Apa susahnya sih tambah angin. Paling-paling cuma seceng (seribu rupiah).
Penulis : AZ (otomotif-online)
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
yang jelas jangan dipakai! lebih awet lho! taruh di rumah saja! gak deng! betul saran diatas, kembalikan semua kondisi mesin sesuai keadaan semula atau standar lagi. pengin lebih lagi dijual tuh motor terus ganti sepeda ontel lebih ramah lingkungan
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
ada yg lupa ditulis tuh, yaitu ke humanware alias orangnya. Meski motor udah distel spt diatas kalo yg bawa brangasan alias ugal˛an ya tetep aja jd boros.
Buka tutup gas dan pindah gigi yg sesuai dg econo ride (asal ga terlalu ekstrem aja) pasti irit.
Coba cari artikel alat pengirit BBM
Buka tutup gas dan pindah gigi yg sesuai dg econo ride (asal ga terlalu ekstrem aja) pasti irit.
Coba cari artikel alat pengirit BBM
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Mekanik (yang sayang mesin) hanya mencoba berusaha, tetapi para biker sendirilah yang menentukan.
buddycs- Jumlah posting : 9
Join date : 23.07.08
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
kalo trik supaya Athlete makin irit tapi tetap ngibrit gimana nih bro ?
Lost Fon Drive- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 79
Join date : 24.07.08
Lokasi : Jakz
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
pake shell kalo bisa
zocalo- Partisipan
- Jumlah posting : 16
Join date : 28.06.08
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Athlete tetep irit tapi makin ngibrit ??????????? Bisa ganti aja mesinnya pake Honda Karisma..........................................
steven bkrc 026 jkt- Velg jari-jari
- Jumlah posting : 29
Join date : 07.12.08
Age : 44
Lokasi : bekasi, Kp. Cerewed
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Iket ma boing 747... dijamin irit dan kencang...
haryono_g7- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 170
Join date : 14.11.08
Age : 44
Lokasi : Palmerah
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
^^tapi dijamin langsung ke akhirat....wakakakakak...
vassili zaitsev- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 113
Join date : 12.08.08
Lokasi : Bandung - Depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
steven wrote:Athlete tetep irit tapi makin ngibrit ??????????? Bisa ganti aja mesinnya pake Honda Karisma..........................................
hehehe mang karisma lebih ngibrit dari athlete ya bro
Lost Fon Drive- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 79
Join date : 24.07.08
Lokasi : Jakz
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Masa seh, Kharisma lbh ngibrit dr Athlete?
Gak yakin deh..
Hehehee.. Boleh test donk, tp sama2 mesin STD yah..
Nah, klo di iket ma Boeing, gak recommended..
Wkwkwkwkwkkkk...
Gak yakin deh..
Hehehee.. Boleh test donk, tp sama2 mesin STD yah..
Nah, klo di iket ma Boeing, gak recommended..
Wkwkwkwkwkkkk...
odjhie_dc- Velg Cast Wheel
- Jumlah posting : 69
Join date : 30.10.08
Age : 43
Lokasi : Bandunk - dunk...
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
pake fuel additif aje...
indracss- Jumlah posting : 7
Join date : 04.10.08
Age : 46
Lokasi : Susukan-Ciracas, Jakarta timur
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Ya banyak cara modif yg bikin ngibrit dan irit...kayak mesin Blitz Joy gw ga ekstrem modifnya tp hasilnya...enak bgt...modal jg dikit kok.
Masih mo di sentuh sedikit lagi. Modif mesin gw nih...
1. Lepas choke
2. Naik kompresi dikit, paking bawah diganti ama kertas HVS 70gr
3. Klep in ditambah ring 1mm (perkiraan)
4.Kopling di stel ulang lbih responsif (ama mekanik resmi)
5. Vakum untuk bensin di matiin (di intake manifold)
Lain itu standar aja...
selama gw bandingin ama standar nya ato baru nya dulu...jauh...lebih enak. Irit pula!
Utk performa cukup lumayan naiknya...dg final gear standar aja (15/36) pernah lari 125km/j dan masih ada sisa putaran grip gas. Perkiraan seh nyampe lah kalo 130 km/j
Untuk irit pas turing Malang-cilacap PP habis 105rb plus muter muter.
Untuk harian...1 : 55 bisa.
Diliat dari kepala busi warnanya coklat kering...pembakaran sempurna. Cuman skarang aja yg agak lelet..karena motor gw terakhir di stel ya pas di Cilacap itu ama mekanik diler sono yg prosedur servisnya asik punya (thanks bos utk mekanik cilacap) dan itu terakhir di servis ringan bulan Juni 2008 alias lebih 6 bulan lalu. Tp utk harian masih enak lho performanya. Cuman ganti oli rutin (pake oli Kawasaki) dan bebersih Karbu doang....puas bgt saya..hehehe...
Masih mo di sentuh sedikit lagi. Modif mesin gw nih...
1. Lepas choke
2. Naik kompresi dikit, paking bawah diganti ama kertas HVS 70gr
3. Klep in ditambah ring 1mm (perkiraan)
4.Kopling di stel ulang lbih responsif (ama mekanik resmi)
5. Vakum untuk bensin di matiin (di intake manifold)
Lain itu standar aja...
selama gw bandingin ama standar nya ato baru nya dulu...jauh...lebih enak. Irit pula!
Utk performa cukup lumayan naiknya...dg final gear standar aja (15/36) pernah lari 125km/j dan masih ada sisa putaran grip gas. Perkiraan seh nyampe lah kalo 130 km/j
Untuk irit pas turing Malang-cilacap PP habis 105rb plus muter muter.
Untuk harian...1 : 55 bisa.
Diliat dari kepala busi warnanya coklat kering...pembakaran sempurna. Cuman skarang aja yg agak lelet..karena motor gw terakhir di stel ya pas di Cilacap itu ama mekanik diler sono yg prosedur servisnya asik punya (thanks bos utk mekanik cilacap) dan itu terakhir di servis ringan bulan Juni 2008 alias lebih 6 bulan lalu. Tp utk harian masih enak lho performanya. Cuman ganti oli rutin (pake oli Kawasaki) dan bebersih Karbu doang....puas bgt saya..hehehe...
mantap
Wah manpap mas bs kena 125..., sesuai cc nya yaaIan wrote:Ya banyak cara modif yg bikin ngibrit dan irit...kayak mesin Blitz Joy gw ga ekstrem modifnya tp hasilnya...enak bgt...modal jg dikit kok.
Masih mo di sentuh sedikit lagi. Modif mesin gw nih...
1. Lepas choke
2. Naik kompresi dikit, paking bawah diganti ama kertas HVS 70gr
3. Klep in ditambah ring 1mm (perkiraan)
4.Kopling di stel ulang lbih responsif (ama mekanik resmi)
5. Vakum untuk bensin di matiin (di intake manifold)
Lain itu standar aja...
selama gw bandingin ama standar nya ato baru nya dulu...jauh...lebih enak. Irit pula!
Utk performa cukup lumayan naiknya...dg final gear standar aja (15/36) pernah lari 125km/j dan masih ada sisa putaran grip gas. Perkiraan seh nyampe lah kalo 130 km/j
Untuk irit pas turing Malang-cilacap PP habis 105rb plus muter muter.
Untuk harian...1 : 55 bisa.
Diliat dari kepala busi warnanya coklat kering...pembakaran sempurna. Cuman skarang aja yg agak lelet..karena motor gw terakhir di stel ya pas di Cilacap itu ama mekanik diler sono yg prosedur servisnya asik punya (thanks bos utk mekanik cilacap) dan itu terakhir di servis ringan bulan Juni 2008 alias lebih 6 bulan lalu. Tp utk harian masih enak lho performanya. Cuman ganti oli rutin (pake oli Kawasaki) dan bebersih Karbu doang....puas bgt saya..hehehe...
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Pake sepeda lebih irit dan ga perlu mikirin bensin..
Gimana Sob?
Gimana Sob?
noer_risza- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 85
Join date : 24.02.09
Age : 42
Lokasi : JAKARTA BARAT
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Temen na bawang dunkzzz...., cabe deee.....
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Dipakai seperlunya. Jangan dipakai beli cabe di warung.. Haha
Selalu waspada terhadap perubahan pada motor kita
Selalu waspada terhadap perubahan pada motor kita
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
hmmmm...
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
ada beberapa pertanyaan seputar KAze 1997
1.stelan angin di Kaze 1997 brp putaran ya (mesin & knlapot standar)?
2.cara stel kopling otomatis caranya gimana ?
thanks,
1.stelan angin di Kaze 1997 brp putaran ya (mesin & knlapot standar)?
2.cara stel kopling otomatis caranya gimana ?
thanks,
cc20322- Jumlah posting : 1
Join date : 28.06.09
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
hmm, musti praktek neh bro, kl ditulis bgini ruwet...
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
intinya mah biar irit, <klo karbu std> ya buka gasnya jangan dibejek tibi2 laaa, alias diurut pelan2 , makanya kalo jalan luar kota relatif irit kan??
skalian bwat tambahan ya kompresi dinaikin dikit <bisa bubut blok 0,5mm> jadi mesin tidak teriak alias buka gas jadi dikit aja mesin dah lajuuuuu.... geto laaa sdikit pengalaman yg ada, trimzzz
skalian bwat tambahan ya kompresi dinaikin dikit <bisa bubut blok 0,5mm> jadi mesin tidak teriak alias buka gas jadi dikit aja mesin dah lajuuuuu.... geto laaa sdikit pengalaman yg ada, trimzzz
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Gimana daripada bubut mending kita pake Piston yang high Dome (Jenong) karena kl harus bubut pasti ada masalah baru dengan Rantai stasioner dan setelannya (keteng) sob?
noer_risza- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 85
Join date : 24.02.09
Age : 42
Lokasi : JAKARTA BARAT
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
memang iya dengan membubut 'keteng' jd rada mubazir, tapi kalo cm 0,5 its oke lah.. heheh, lagian cari piston jenong agak susah toh bwat kaze ?
?
?
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
Ada pak, pake produknya Izumi BRT dan nyari yang lubang Pin nya adalah 13..
Pasti pas, tinggal menyesuaikan hati untuk masalah ukurannya
Pasti pas, tinggal menyesuaikan hati untuk masalah ukurannya
noer_risza- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 85
Join date : 24.02.09
Age : 42
Lokasi : JAKARTA BARAT
Re: Trik Agar Motor Tetap Irit
the problem is..., ga tiap bengkel sedia piston izumu pin 13 diameter <minimal> 53mm, atw 56mm...
hari- Cast Wheel+Double Disc
- Jumlah posting : 617
Join date : 02.01.09
Age : 51
Lokasi : depok
Halaman 1 dari 2 • 1, 2
Similar topics
» Cash and Kredit Motor Baru atau Tuker Tambah Motor Bekas dengan Motor Baru
» Motor-motor baru Kawasaki!
» Tips Perawatan Sepeda Motor
» Nih, Pemicu Ban Motor Cepat Rusak
» Spyshot dan isu motor baru
» Motor-motor baru Kawasaki!
» Tips Perawatan Sepeda Motor
» Nih, Pemicu Ban Motor Cepat Rusak
» Spyshot dan isu motor baru
Halaman 1 dari 2
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik